Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 8 No 2 (2019)

Pelaksanaan Pembelajaran Al islam menggunakan Metode Resitasi Pada Materi Thaharah di Kelas Vii smp Muhammadiyah 10 Surabaya

Khoirotunnisa, Khoirotunnisa (Unknown)
Hayumuti, Hayumuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2020

Abstract

AbstrakDi dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, pembelajaran merupakan aktifitas yang paling utama untuk mencapai tujuan pendidikan. Salahsatu komponen yang memberikan peran besar adalah penggunaan dan penguasaanmetode pembelajaran yang tepat. Metode yang sering digunakan dalampembelajaran khususnya pembelajaran Al-Islam pada materi Thaharah di kelasVII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya adalah metode resitasi. Metode inidiyakini sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar yang bisameningkatkan pemahaman siswa. Metodepenelitian yangdigunakanadalahpenelitianlapanganyaitupenelitian yang mengungkapkanfaktayang adadilapangandenganobservasi dan wawancarasertamenggunakan datakeperpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Islammenggunakan metode resitasi pada materi thaharah di kelas VII SMPMuhammadiyah 10 Surabaya adalah sebagai berikut:Proses pembelajaran AlIslammenggunakan metode resitasi pada materi thaharah di kelas VII SMPMuhammadiyah 10 Surabaya terbagi menjadi tiga tahapan yaitu kegiatan awalatau pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Faktor-faktor yangmempengaruhi keberhasilan pelaksanaan pembelajaran Al-Islam menggunakanmetode resitasi pada materi thaharah di kelas VII SMP Muhammadiyah 10Surabaya adalah faktor internal yang terdiri dari faktor fisiologis dan psikologis.Faktor eksternal yang terdiri dari  metode pembelajaran yang digunakan, gayamengajar dan suasana dalam pembelajaran.Kata Kunci :MetodeResitasi, Pembelajaran Al Islam, MateriThaharah

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Tadarus

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

TADARUS is a Islamic education journal published by UMSurabaya Publishing, Muhammadiyah Surabaya University. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on Islamic education from a multidisciplinary perspective, create innovative concepts, theories, paradigms ...