KAMBOTI Journal of Education Research and Development
Vol 5 No 2 (2025): Kamboti Journal of Education Research and Development

Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Kontekstual pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP Negeri 5 Tanimbar Selatan

Wermpinan, Fransina (Unknown)
Ratuanik, Mesak (Unknown)
Watratan, Yoseph (Unknown)
Rengrengulu, Melanius (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang konsep matematika tentang Teorema Pythagoras setelah penerapan pembelajaran dengan metode pembelajaran kontekstual. Jenis ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan pada siswa kelas viii SMP Negeri 5 Tanimbar Selatan tahun akademik 2024/2025 berjumlah 23 orang. Penelitian ini akan dilakukan pada bulan Mei 2025. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mengalami proses pembelajaran dengan metode pembelajaran kontekstual tentang materi Teorema Pythagoras. Siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tansel dapat memahami permasalahan sisi miring dan tegak dalam kehidupan sehari-hari dengan memilih model atau rumus sendiri untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi di lembar soal. Kesimpulan dari proses pembelajaran adalah siswa kelas viii SMP Negeri 5 Tanimbar Selatan dapat memecahkan permasalahan teorema Pythagoras dalam kehidupan sehari-hari dengan pemahaman mereka sendiri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kamboti

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Sekilas nama Jurnal kamboti. Kamboti adalah benda berbentuk tabung yang terbuat dari anyaman daun sagu. Tabung Kamboti dibuat dengan tingkat kepadatan yang cukup tepat. Kamboti berfungsi untuk menyimpan tepung sagu yang telah disimpan dan siap diolah menjadi makanan. Jurnal Kamboti memodomi dan ...