Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 11 No. 2 (2023): Oktober 2023

Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Berkolaborasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri 4 Metro Barat

Rafistri, Cicili Arici (Unknown)
Yulianti, Dwi (Unknown)
Widodo, Mulyanto (Unknown)
Destiani , Destiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2025

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya kemampuan berkolaborasi peserta didk di kelas II SD Negeri 4 Metro Barat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah 34 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes dan non tes. Hasil pengujian hipotesis diperoleh data nilai signifikan < ttabel (taraf signifikansi 5%, α = 0,05) dengan rincian 0,02 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan berkolaborasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II SD Negeri 4 Metro Barat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar is an academic journal that published all the studies in the areas of education, learning, teaching, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments from various types of research such as surveys, ...