Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 13 No. 1 (2025): April 2025

Strategi Guru dalam Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V SDN 161 Leppan

Since, Kristina (Unknown)
Trivena, Trivena (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan karakter tanggung jawab siswa kelas V SDN 161 Leppan. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa strategi guru dalam meningkatkan tanggung jawab siswa dengan adanya keteladanan, Pembiasaan dan pembudayaan, Melalui kurikulum dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam pembelajaran, Pembelajaran intrakulikuler, Kegiatan ekstrakulikuler dan pengembangan diri, Kerja sama.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar is an academic journal that published all the studies in the areas of education, learning, teaching, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments from various types of research such as surveys, ...