JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 13 No 3 (2025): Vol 13 No 3 September 2025

FAKTOR-FAKTOR KESUKSESAN DALAM PEMBELAJARAN INKLUSI

Karmelia, Bella (Unknown)
Marhadi, Hendri (Unknown)
Erlisnawati, Erlisnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2025

Abstract

Pendidikan inklusi bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar yang setara bagi semua peserta didik, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Keberhasilan pembelajaran inklusi dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti desain kelas yang mendukung, kesiapan guru, dan sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan pembelajaran inklusi di SD Al-Fityah Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan pembelajaran inklusi bergantung pada faktor visibility, accessibility, fleksibelity (keluwesan), kenyamanan, dan keindahan dalam desain kelas, serta dukungan dari tenaga pendidik dan lingkungan sekolah. Studi ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru dan perbaikan sarana kelas agar lebih inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...