Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 3 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

Suryana, Karjono (Unknown)
Nindiasari, Hepsi (Unknown)
Hendrayana, Aan (Unknown)
Yuhana, Yuyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model Problem-Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep matematis siswa Sekolah Menengah Pertama. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Validitas dan reliabilitas instrumen diuji menggunakan korelasi item-total dan koefisien Cronbach's Alpha. Hasil uji menunjukkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,811 yang mengindikasikan konsistensi internal yang baik. Seluruh butir soal dinyatakan valid. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Problem-Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...