Continuous Education : Journal of Science and Research
Vol. 6 No. 2 (2025)

Pengaruh Model Pembelajaran Design Thinking Berbasis STEAM Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMAN 13 Medan

Hasibuan, Virda Kartika (Unknown)
Pranoto, Hendro (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2025

Abstract

Pada pembelajaran abad 21 diperlukan variasi model pembelajaran untuk mencapai tujuan pada abad ini. Model pembelajaran yang bisa diterapkan yaitu Design Thinking yang dapat diintegrasikan dengan pendekatan STEAM, karena berfokus pada keterlibatan peserta didik dalam menyelesaikan masalah, sehingga dapat mendorong eksplorasi aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Design Thinking berbasis STEAM terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di SMAN 13 Medan. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain Non-Equivalent Control Group. Pengambilan sampel dari penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah X4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran DT berbasis STEAM dan kelas X6 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model Inquiry Learning. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis adalah soal essai yang terdiri dari 10 soal berdasarkan indikator Facione. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji-t diperoleh nilai Sig. 0,001 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran DT berbasis STEAM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan analisis data menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh Asymp. Sig 0,001 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas kontrol dan eksperimen pada indikator inferensi, analisis, inferensi, eksplanasi, evaluasi dan regulasi diri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

josr

Publisher

Subject

Education Other

Description

Continuous Education Journal of Science and Research invites lecturers, scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to education, which include textual and field studies with various perspectives, Educational Management, Educational ...