Jurnal Tata Rias
Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Tata Rias Volume 13 Nomer 1 Tahun 2024

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENGGAMBAR DESAIN RIAS DENGAN HASIL PRAKTEK TATA RIAS PENGANTIN JAWA PRODI S1 PENDIDIKAN TATA RIAS DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Salifah, Nur Sulesa Putri (Unknown)
Usodoningtyas, Sri (Unknown)
Maspiyah, Maspiyah (Unknown)
wijaya, Nieke andina (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2024

Abstract

Program Studi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Surabaya menawarkan berbagai mata kuliah yangmencakup berbagai jenis teknik tata rias. Untuk mendapatkan hasil riasan yang sempurna, ada beberapa faktoryang perlu dipertimbangkan, dan salah satunya adalah elemen desain. Program Studi Pendidikan Tata RiasUniversitas Negeri Surabaya juga mencakup mata kuliah desain tata rias yang fokus pada pengajaran konsep dasardesain. Namun, ditemukan bahwa Mahasiswa yang telah mempraktikkan tata rias pengantin Jawa memperolehhasil yang berbeda-beda, ada yang selaras dengan prinsip desain dan ada yang menyimpang dari prinsip tersebut.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai kemampuan siswa dalam membuat desain tata rias,mendeskripsikan hasil praktik tata rias Pengantin Jawa, dan mengetahui hubungan antara kemampuan desaindengan hasil tata rias pengantin Jawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakanmetode korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata mahasiswa dikategorikan memilikikemampuan menggambar desain rias dan hasil praktek tata rias Pengantin Jawa dengan sangat baik, sehinggaterdapat hubungan yang signifikan antara variabel kemampuan menggambar desain rias terhadap hasil praktekrias Pengantin Jawa pada mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Rias di Universitas Negeri Surabaya.Kata Kunci : Hubungan, Desain Rias, Tata Rias Pengantin Jawa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal-tata-rias

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Tata Rias publishes high-quality research and scholarly articles focused on cosmetology education. It covers curriculum development, teaching methodologies, professional training, trends, innovations, educational technology, and practical applications in cosmetology. Managed by the S-1 ...