Jurnal Abdimas Al Hidayah
Vol. 2 No. 2 (2024): Jurnal Abdimas Al Hidayah

Pembinaan Baca Al-Qur’an Anak-Anak Desa Tegaron Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Melalui Pendekatan Tajwid Dan Makhraj Yang Tepat

Almunawaroh, Istiqomah (Unknown)
Handayani, Silviah Fitri (Unknown)
Nuraini, Siti Khotijah (Unknown)
Jannah, Nurrohmatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar merupakan aspek penting dalam pembentukan karakter religius anak sejak usia dini. Namun, di Desa Tegaron, Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, masih banyak anak-anak yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an karena lemahnya penguasaan tajwid dan makhraj. Berdasarkan kondisi tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an anak-anak melalui pendekatan yang menekankan pada penguasaan tajwid dan makhraj secara praktis dan bertahap. Penelitian ini menggunakan Penelitian Kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahan dan fokus penelitian. Pendekatan deskriptif adalah Pendekatan yang tidak menggunakan dasar kerja statistik, tetapi berdasarkan bukti-bukti kualitatif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca Al-Qur’an anak-anak, baik dari segi ketepatan pelafalan huruf hijaiyah maupun penerapan hukum tajwid dasar. Selain itu, kegiatan ini juga berhasil meningkatkan antusiasme belajar dan melibatkan orang tua dalam proses pembinaan keagamaan anak. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan tajwid dan makhraj yang tepat, jika diterapkan secara konsisten dan partisipatif, mampu menjadi solusi efektif dalam pembinaan baca Al-Qur’an anak-anak di lingkungan pedesaan

Copyrights © 2024