Honoli of Journal Primary Teacher Education
Vol 4 No 1 (2023): Honoli of Journal Primary Teacher Education

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Wujud Benda Pada Siswa Kelas V SD Kristen Patti

Porumau, Dicki (Unknown)
Talakua, Melvie (Unknown)
Souhoka, Renny (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatan hasil belajar materi perubahan wujud benda pada siswa kelas V SD Kristen Patti, Kabupaten Maluku Barat Daya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, dan lembar tes. Hasil belajar dari tes awal, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan pada siklus I dengan rens nilai rata-rata 37,3 meningkat menjadi 54,6 dan pada siklus II menjadi 73,00. Dengan demikian berdasarkan hasil belajar siklus II maka pembelajaran dikatakan berhasil karena 100% siswa memiliki nilai >65 atau mencapai KKM yang telah ditetukan. Dengan demikian maka penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar materi perubahan wujud benda pada siswa kelas V SD Kristen Patti, Kabupaten Maluku Barat Daya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

honoli

Publisher

Subject

Education Other

Description

Honoli Journal is a journal published by the Primary School Teacher Education Study Program, Off-Campus Study Program (PSDKU), Pattimura University, Maluku Barat Daya Regency. This journal aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to publish original research articles ...