Honoli of Journal Primary Teacher Education
Vol 4 No 1 (2023): Honoli of Journal Primary Teacher Education

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN di Kelas V SD Negeri Moain

Palpialy, Ardy (Unknown)
Souhoka, Renny (Unknown)
Notanubun, Erwin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapana model pembelajaran berbasis portofolio Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas V (Lima) SD Negeri Moain. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri Moain yaitu sebanyak 13 siswa. Instrument pengumpulan data dengan lembaran instrumen, wawancara dan tes. Untuk menaganlisis data dilakukian dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh dari tes awal, tes akhir siklus satu dan tes akhir siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada tes awal 3 Siswa (23,03%) meningkat menjadi 7 siswa (63,63%) pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada silkus II. Hasil belajar siswa berdasarkan tes akhir siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

honoli

Publisher

Subject

Education Other

Description

Honoli Journal is a journal published by the Primary School Teacher Education Study Program, Off-Campus Study Program (PSDKU), Pattimura University, Maluku Barat Daya Regency. This journal aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to publish original research articles ...