Honoli of Journal Primary Teacher Education
Vol 5 No 1 (2024): Honoli of Journal Primary Teacher Education

Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model CTL Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Weet Kecamatan Moa Kabupaten MBD

Saiklela, Lisa (Unknown)
Sahetapy, Sarah (Unknown)
Johansz, Dovila (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 1 Weet melalui model Contextual Teaching Learning (CTL). Subjek penelitian terdiri dari 12 siswa, dan penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara siswa pada setiap siklus. Pada siklus I, ketuntasan belajar belum mencapai standar KKM 65%, dengan nilai rata-rata ketuntasan sebesar 60,9%. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan, dengan 33% siswa mencapai kategori “sangat baik,” 66% kategori “baik,” dan 1% kategori “cukup.” Seluruh siswa (100%) mencapai ketuntasan belajar, memenuhi standar KKM 63. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran CTL terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

honoli

Publisher

Subject

Education Other

Description

Honoli Journal is a journal published by the Primary School Teacher Education Study Program, Off-Campus Study Program (PSDKU), Pattimura University, Maluku Barat Daya Regency. This journal aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to publish original research articles ...