Honoli of Journal Primary Teacher Education
Vol 5 No 1 (2024): Honoli of Journal Primary Teacher Education

Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Dengan Menggunakan Model Quantum Teaching Pada Kelas V SD Kristen Yamluli

Keilayoka, Ancelina (Unknown)
Ririhena, Ribka Lemi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerita dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Kristen Yamluli yang berjumlah 22 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa dalam bentuk uraian sebanyak lima soal. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tes awal dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan awal siswa dalam menyimak cerita, sekaligus menjadi acuan dalam menentukan subjek penelitian. Hasil tes awal digunakan sebagai dasar dalam merancang tindakan pada siklus berikutnya dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching guna meningkatkan kemampuan menyimak siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

honoli

Publisher

Subject

Education Other

Description

Honoli Journal is a journal published by the Primary School Teacher Education Study Program, Off-Campus Study Program (PSDKU), Pattimura University, Maluku Barat Daya Regency. This journal aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to publish original research articles ...