Jurnal Pendidikan Refleksi
Vol. 13 No. 4 (2025): Jurnal Pendidikan Refleksi

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Media Flashcard pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII SMP Negeri 9 Palopo

Sabir, Satriani (Unknown)
Pamessangi, Andi Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Flashcard serta menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP Negeri 9 Palopo dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dari 83,59% pada siklus I menjadi 92,18% pada siklus II, serta aktivitas siswa dari 72,49% pada siklus I menjadi 87,49% pada siklus II. Selain itu, ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 38,09% pada pra siklus, menjadi 76,19% pada siklus I, dan mencapai 100% pada siklus II. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media Flashcard efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa, sekaligus menciptakan suasana pembelajaran yang lebih aktif, menyenangkan, dan kolaboratif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola ...