Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran game edukasi berbantuan Wordwall pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri 214 Muktisari. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall yang disederhanakan menjadi tujuh tahapan, meliputi analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk, validasi, revisi, uji coba, dan produk akhir. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V berjumlah 14 orang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Wordwall yang dikembangkan memiliki tingkat validitas sangat baik, dengan skor 82% dari ahli materi dan 84% dari ahli media. Uji praktikalitas memperoleh hasil 94% dari guru dan 96% dari peserta didik dengan kategori sangat praktis. Sementara uji keefektifan menunjukkan nilai N-Gain sebesar 0,80 dengan kategori tinggi, yang berarti penggunaan Wordwall efektif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, media game edukasi berbantuan Wordwall layak digunakan sebagai inovasi pembelajaran interaktif untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di sekolah dasar.
Copyrights © 2025