Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Uswatun Hasanah terhadap pembentukan karakter siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 21 Rantau Utara tahun ajaran 2023/2024. Uswatun Hasanah merupakan salah satu metode pembelajaran dalam Islam. Yaitu suatu metode keteladanan yang menggunakan orang sebagai panutan dalam berbuat. Yang dimaksud dengan keteladanan adalah keteladanan yang baik dimana dengan meneladani panutannya bisa menjadikan seseorang mempunyai karakter (akhlak) yang baik. Lickona mengemukakan bahwa karakter adalah reliable inner disposition to respond to situation in a morrally good way. Yang berarti suatu terdalam dalam merespon situasi dalam suatu cara yang baik dan bermoral. Metode penelitian yang digunakan yaitu Jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan studi dokumentasi. Sampel diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Kelas III-A sebagai kelas kontrol dengan proses pembelajaran menggunakan metode konvensional dan kelas III-C sebagai kelas eksperimen dengan proses pembelajaran menggunakan metode Uswatun Hasanah. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan 20 pernyataan. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan dengan taraf signifikan 0,05 yaitu diperoleh thitung > ttabel (2,606 > 2,019). Sehingga ha diterima dan h0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji t berpasangan dengan taraf signifikan 0,05 yaitu diperoleh thitung = ttabel (2,606 > 2,019). Sehingga ha diterima dan h0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode Uswatun Hasanah terhadap pembentukan karakter siswa materi Akhlakul Karimah di kelas III Sekolah Dasar Negeri 21 Rantau Utara tahun ajaran 2023/2024.
Copyrights © 2025