CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif)
Vol. 8 No. 5 (2025): Volume 8 Number 5, September 2025

Implementasi Permainan Tradisional Ma’bom Dalam Mengembangkan Aspek Nilai Budaya Pada Anak Usia 5-6 Tahun

ramadani, silvana (Unknown)
Musi, Muhammad Akil (Unknown)
Asti, A. Sri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2025

Abstract

Aspek nilai budaya sangat penting ditingkatkan karena secara tidak langsung aspek nilai budaya akan memberikan dampak baik untuk perkembangan anak kedepannya. Pembentukan karakter bernilai budaya dapat dimulai dari guru mengenalkan tentang budaya Indonesia, salah satunya permainan yang ada Makassar yaitu permainan tradisional ma’bom. Dengan pengenalan permainan tradisional kepada anak usia 5-6 tahun sangat efektif untuk mengembangkan aspek nilai budaya karena di dalamnya ada nilai-nilai seperti kerjasama, kejujuran, kemandirian dan nasionalisme. Penlitian ini memiliki tujuan adalah untuk meneliti implementasi permainan tradisional ma’bom dalam mengembangkan aspek nilai budaya pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian ini yakni kepala sekolah, guru kelas. Prosedur pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis data Miles dan huberman. Hasil penelitian ini mengungkapkan bagaimana implementasi permainan tradisional ma’bom dalam mengembangkan aspek nilai budaya pada anak usia 5-6 tahun.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ceria

Publisher

Subject

Education

Description

Ceria Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and Preschool Education study program of IKIP Siliwangi on current science issues, namely: -Teacher of Early Childhood Education Programs. -Observers and Researchers of Early Childhood Education Programs. -Educational ...