Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): In Process

Pengaruh Penerapan Model PBL dengan Berdiferensiasi Proses Terhadap Hasil Belajar Kelas VII SMPN6 Bukittinggi

Arief, Tifanny Nafisah (Unknown)
Az Zahra, Firda (Unknown)
Arif, Khairil (Unknown)
Azhar, Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran berdiferensiasi proses terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMPN 6 Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri atas satu kelas eksperimen yang memperoleh perlakuan dengan PBL berdiferensiasi proses dan satu kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, lembar observasi keterlaksanaan, serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen mencapai 72,68, sedangkan kelas kontrol hanya 62,49. Uji-t mengonfirmasi adanya pengaruh signifikan penerapan model tersebut. Selain itu, keterlaksanaan pembelajaran mencapai 97,42% dengan kategori sangat baik, dan respon peserta didik menunjukkan kecenderungan positif. Dengan demikian, penerapan PBL berdiferensiasi proses dapat meningkatkan hasil belajar sekaligus memotivasi peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran IPA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...