Emphaty Cons : Journal of Guidance and Counseling
Vol 7 No 2 (2025): Agustus 2025

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Menggunakan Media Kartu Emosi Untuk Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Semarang

Hadi, Nur (Unknown)
Angga Dewi, Widya Novi (Unknown)
Rimayati, Elfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing menggunakan media kartu emosi untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosi pada siswa kelas X SMK Negeri 10 Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian true experimental design, dengan jenis metode penelitiannya adala control group pretest-posttest. Dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan Uji Independen Sampel T-test. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan regulasi emosi siswa kelas X ML 2 SMK Negeri 10 Semarang berada dalam kategori sedang dengan memperoleh hasil perhitungan analisis deskriptif presentase sebesar 66%. Perhitungan rata-rata pretest kelompok eksperimen sebesar 54,80, kelompok kontrol 60,30. Setelah diberikan perlakuan hasil posttest nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 69,70, kelompok kontrol 65,00. Berdasarka hasil Uji Independent Sampel T-test nilai sig. (2-tailed) 0,28<0,05 menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan. Maka (Ho) ditolak, dan hipotesis (Ha) diterima.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

emp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal empathy cons adalah jurnal yang menerbitkan karya ilmiah di bidang bimbingan dan konseling yang terkait dengan bidang pendidikan dan non pendidikan. Jurnal ini menyediakan kesempatan bagi para peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiahnya, bidang konseling dan psikologi yang akan ...