Inovasi pendidikan telah menjadi topik penting dalam diskusi mengenai pengembangan pendidikan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dalam konteks sosial yang terus berubah, inovasi pendidikan tidak hanya diperlukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi juga untuk memastikan bahwa pendidikan dapat diakses dan relevan bagi semua lapisan masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan Sistematic Literature Review (SLR) untuk meninjau inovasi pendidikan di Indonesia. Prosesnya meliputi penentuan pertanyaan penelitian, kriteria inklusi dan eksklusi, pencarian literatur di database Scopus, penyaringan artikel, dan analisis data. Temuan disintesis untuk memberikan gambaran menyeluruh dan rekomendasi bagi pengembangan pendidikan di masa depan.Secara keseluruhan, jurnal-jurnal ini menunjukkan bahwa inovasi pendidikan di Indonesia tidak hanya berfokus pada metode pembelajaran baru, tetapi juga pada pengembangan kebijakan, pelatihan guru, penggunaan teknologi untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik. Dengan terus mengadopsi dan mengembangkan inovasi ini, diharapkan kualitas pendidikan di Indonesia dapat meningkat secara signifikan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi pendidikan di Indonesia menghadapi berbagai tantangan, tetapi juga menawarkan peluang untuk perbaikan kualitas pendidikan. Melalui pendekatan SLR, ditemukan pola dan tren yang relevan, serta rekomendasi untuk kebijakan dan praktik pendidikan, termasuk terkait perubahan-perubahan kurikulum yang saat ini dilakukan dan juga beberapa kolaborasi dengan berbagai kalangan sebagai penguat arah pendidikan Indonesia yang lebih maju.
Copyrights © 2025