Jurnal Pendidikan Refleksi
Vol. 13 No. 4 (2025): Jurnal Pendidikan Refleksi

Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Game Blooket untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SDN 111 Maipi Kec. Masamba Kab. Luwu Utara

Alfajri, Muhammad (Unknown)
Yamin, Muh (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media game Blooket pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SDN 111 Maipi, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas pendidik dan peserta didik, tes hasil belajar, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik, dengan ketuntasan belajar mencapai 100% pada siklus I dan bertahan pada siklus II dengan kategori “sangat baik.” Aktivitas peserta didik juga mengalami peningkatan dari rata-rata 87,5% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Penerapan model Problem Based Learning berbantuan Blooket terbukti efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan menyenangkan, sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola ...