INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika
Vol 4, No 2 (2025): Oktober 2025

Analisis Persepsi Siswa terhadap Kecerdasan Buatan sebagai Asisten Belajar di Kelas Informatika: Studi Eksploratif di Kalangan Gen-Z pada SMP Negeri 2 Bolo, Kabupaten Bima

Vaughan Andi Irwan, Muhammad (Unknown)
Suharti, Suharti (Unknown)
Faidin, Faidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi persepsi siswa generasi Z terhadap pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) sebagai asisten belajar dalam mata pelajaran informatika di SMP Negeri 2 Bolo, Kabupaten Bima. Metode penelitian yang digunakan adalah studi eksploratif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki persepsi positif terhadap penggunaan AI yang dianggap mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman konsep pembelajaran informatika. Namun, terdapat beberapa kendala teknis dan kebutuhan pendampingan guru agar optimalisasi AI dapat tercapai. Temuan ini memberikan gambaran penting untuk pengembangan pembelajaran berbasis teknologi di tingkat sekolah menengah pertama.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Info

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

INFONTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan April dan Oktober (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian ...