Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 8, No 2 (2025): September 2025

Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SMK Negeri 1 Hiliduho

Harefa, Weni Yanti (Unknown)
Waruwu, Toroziduhu (Unknown)
Gulo, Hardikupatu (Unknown)
Telaumbanua, Desman (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi Canva dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 1 Hiliduho. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis Pre-eksperimental desain one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Hiliduho dengan jumlah 37 orang.Teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling jenis purposive sampling, sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI OTKP berjumlah 23 orang. Instrument pengumpulan data yaitu tes terdiri dari pretest dan posttest. Teknik analisis data uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 48.0435 dan posttest sebesar 86,7391. Analisis uji hipotesis diperoleh t-hitung > t-tabel yaitu 11,045 > 2,073 dengan taraf signifikan 0,05 maka Ha diterima Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh pemanfaatan aplikasi Canva dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SMK Negeri 1 Hiliduho

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...