E-JUPEKhu
Vol 13, No 2 (2025)

Pola Asuh Orang Tua dalam Memenuhi Kebutuhan Dasar Anak dengan Disabilitas Netra Berdasarkan Teori Hierarki Kebutuhan Maslow

Hidayat, Aurora Syifa (Unknown)
Tsaputra, Antoni (Unknown)
Budi, Setia (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran orang tua dalam memenuhi kebutuhan dasar anak disabilitas netra, mengingat anak dengan hambatan penglihatan memerlukan perhatian khusus dalam pengasuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pola asuh orang tua dalam memenuhi kebutuhan dasar anak disabilitas netra berdasarkan teori hierarki kebutuhan Maslow.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah dua orang tua dari siswa disabilitas netra di SLB Negeri 2 Padang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Peneliti berperan sebagai instrumen utama, dengan bantuan pedoman wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua cenderung bersifat demokratis dan permisif, dengan penyesuaian terhadap kondisi anak. Orang tua berupaya memenuhi kebutuhan dasar mulai dari fisiologis, rasa aman, kasih sayang, penghargaan, hingga aktualisasi diri melalui dukungan emosional, komunikasi terbuka, serta pemberian kesempatan belajar. Faktor seperti pendidikan dan pekerjaan turut memengaruhi cara orang tua dalam mengasuh dan memenuhi kebutuhan anak. Penelitian ini memberikan gambaran nyata tentang dinamika pengasuhan anak disabilitas netra dan dapat menjadi dasar bagi pengembangan program pendampingan keluarga.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...