Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa disabilitas intelektual ringan kelas II SLB YPPLB Padang yang memiliki permasalahan belum mampu untuk mengenal huruf vokal. Salah satu solusi yang dapat diberikan adalah dengan memberikan media sandpaper letter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan yaitu Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa Disabilitas intelektual ringan kelas II di SLB YPPLB Padang. Hasil Penelitian pada kondisi Baseline (A) dilakukan sebanyak 3 kali pengamatan dengan hasil presentase 47%, 47%,47% dan Pada Intervensi dengan memberikan media sandpaper letter dilakukan sebanyak 7 kali pengamatan dengan hasil presentase 67%, 73%, 73%, 87%, 87%, 87%, 87% . Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan mengenal huruf vokal dapat meningkat dengan memberikan media sandpaper letter bagi anak disabilitas intelektual ringan di kelas II SLB YPPLB Padang.
Copyrights © 2025