LEBAH
Vol. 19 No. 1 (2025): September: Pengabdian

Branding Desa Mawar Karangpring melalui Bakpia Mawar dan Kartini Ecopreneur

Wilantari, Regina Niken (Unknown)
Aprillianto, Bayu (Unknown)
Wahyuni, Nining Ika (Unknown)
Amilia, Winda (Unknown)
Fadah, Isti (Unknown)
Apriono, Markus (Unknown)
Wardayati, Siti Maria (Unknown)
Awwaliyah, Intan Nurul (Unknown)
Agustriono, Aldi (Unknown)
Irmadariyani, Ririn (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Desa Karangpring berlokasi di Kabupaten Jember yang memiliki potensi alam yang signifikan, terutama dalam budidaya bunga mawar. Berdasarkan survei dan diskusi dengan masyarakat setempat, bunga mawar selama ini lebih banyak dijual sebagai sarana ziarah dan persembahan untuk pemakaman, sehingga belum mampu memperkuat citra Desa Karangpring sebagai "Desa Mawar." Aparatur desa dan warga setempat memerlukan pendampingan dalam pengolahan produk berbahan dasar mawar, tidak hanya untuk memperkuat branding desa, tetapi juga untuk meningkatkan nilai ekonomi dari bunga mawar. Program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Keris-Dimas ESG FEB Universitas Jember bertujuan untuk memperkuat branding Desa Karangpring sebagai "Desa Mawar" melalui program Kartini Ecopreneur dan inovasi produk bakpia mawar. Luaran dari program ini meliputi: 1) pembentukan kelompok Kartini Ecopreneur yang bertanggung jawab dalam keberlanjutan pengolahan mawar menjadi bakpia mawar untuk tujuan komersial, 2) terciptanya produk bakpia mawar inovatif dengan cita rasa unik dan lezat berbahan dasar mawar, serta 3) pengembangan branding bakpia mawar melalui pembuatan logo dan kemasan produk

Copyrights © 2025