LEBAH
Vol. 19 No. 1 (2025): September: Pengabdian

Penyuluhan Literasi Keuangan Digital di MIS Al-Hidayah CK Medan

Purba, Bister (Unknown)
Iqbal, Muhammad (Unknown)
Tanjung, Rovidatul Hikmah (Unknown)
Damayanti, Fera (Unknown)
Bu’ulolo, Efori (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Siswa sekolah dasar saat ini tumbuh di era kemajuan teknologi yang sangat cepat, sehingga mereka semakin terbiasa menggunakan internet, perangkat digital, dan berbagai aplikasi berbasis teknologi. Kondisi ini menunjukkan pentingnya memberikan edukasi sejak dini mengenai literasi keuangan digital secara bijak serta pemahaman akan risiko yang mungkin timbul dari penggunaan layanan keuangan berbasis digital. Kegiatan ini dilakukan di MIS Al-Hidayah CK Medan dengan menggunakan metode audio-visual, diskusi interaktif, dan tanya jawab sederhana dan diikuti murid kelas 5 dengan melibatkan beberapa guru MIS Al- Hidayah CK Medan. Berdasarkan hasil analisis melalui kuisioner dapat disimpulkan bahwa proses pelaksanaan kegiatan penyuluhan literasi keuangan digital ini menunjukkan hasil yang cukup signifikan dalam peningkatan pemahaman siswa MIS Al-Hidayah CK Medan terkait literasi keuangan digital. Peningkatan sebesar 42,71% dari hasil pre-test ke post-test mencerminkan bahwa penerapan metode penyuluhan yang interaktif dan  partisipatif seperti pendekatan dalam kehidupan sehari-hari, permainan interaktif, video animasi edukatif, serta diskusi mampu menciptakan suasana kegiatan yang kondusif dan mendorong keterlibatan aktif siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan tersebut sesuai dengan karakteristik perkembangan usia anak-anak dan sangat efektif dalam membangun pondasi literasi keuangan digital sejak dini.

Copyrights © 2025