LEBAH
Vol. 19 No. 1 (2025): September: Pengabdian

Penerapan Strategi Search Engine Optimization Untuk Meningkatkan Visibilitas Penjualan Produk

Pramadjaya, Angga (Unknown)
Nadhia Ningsih, Listina (Unknown)
Jaeningsih, Rimasya Ayu (Unknown)
Nopiyanti, Nopiyanti (Unknown)
Rizkullah, Mochammad Nafil (Unknown)
Meylani, Nenden Ros (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Di era digital saat ini, persaingan dalam dunia bisnis semakin kompetitif, khususnya dalam pemasaran produk secara online. Perubahan perilaku konsumen yang cenderung mencari informasi produk melalui mesin pencari seperti Google mendorong pelaku usaha untuk mengoptimalkan kehadiran digital mereka. Tantangan UMKM dalam Pemasaran Online UMKM seringkali menghadapi kendala seperti Visibilitas rendah di mesin pencari Google karena website/toko online tidak teroptimasi. Tujuan menerapkan strategi Search Engine Optimization (SEO) sebagai upaya meningkatkan visibilitas produk pada mesin pencari sehingga dapat memperluas jangkauan audiens, meningkatkan trafik organik yang relevan, serta mendorong konversi penjualan.. Kegiatan ini berkontribusi pada peningkatan pemahaman pelaku usaha mengenai teknik pemasaran online yang efektif, memberikan dampak positif pada peningkatan trafik organik, serta mendorong konversi penjualan tanpa ketergantungan berlebihan pada iklan berbaya. Hasil dari kegiatan ini mendapatkan skor rata rata pre-Test dan Post-Test yang dikerjakan oleh peserta dengan nilai tertinggi di variabel K4 dengan indikator Riset  Kata Kunci dan Optimasi Konten dengan selisih kenaikan +42, dari 4 indikator dengan semua aspek yang diberikan sehingga mendapatkan kenaikan total nilai rata-rata +39. Untuk nilai peningkatan visibilitas berdasarkan traffic organic dan studi kasus 4 UMKM, maka diperoleh UMKM Sambal Mami Serang dengan nilai peningkatan tertinggi sejumlah +88,6%..

Copyrights © 2025