Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 3 (2025): Agustus

Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning terhadap Keterlibatan Siswa Kelas XII dalam Pembelajaran Agama Buddha

Yunita, Tria (Unknown)
Kabri, Kabri (Unknown)
Andanti, Maria Fransisca (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Keterlibatan siwa dalam pembelajaran telah menjadi perhatian utama dalam pendidikan abad-21. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh penggunaan model cooperative learning terhadap keterlibatan siswa kelas XII dalam pembelajaran gama Buddha di SMA Negeri 1 Donorojo Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian inimenggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey dan teknik regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis menggunakan regresi linear sederhana, diperoleh nilai koefisien sebesar 0,596 sehingga dapat diartikan bahwa penggunaan model cooperative larning memberikan kontribusi pengaruh sebesar 59,6% terhadap keterlibatan siwa, sisanya 40,4% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung sebesar 5,699 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0.05. Dengan demikian, dapat disimpulkan penggunaan model cooperative learning berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan siwa kelas XII dalam pembelajaran agama Buddha di SMA Negeri 1 Donorojo Tahun Ajaran 2024/2025.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...