Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya prestasi yang diraih SD Negeri 1 Sijunjung sebagai Sekolah Penggerak, yang diduga kuat dipengaruhi oleh kepemimpinan transformasional kepala sekolahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi keempat komponen kepemimpinan transformasional—idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation, dan individualized consideration—di sekolah tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi pada November 2024 hingga Agustus 2025. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, empat pendidik, dan satu anggota komite. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat komponen kepemimpinan transformasional telah diimplementasikan secara efektif. Kepala sekolah menjadi teladan dalam kedisiplinan waktu (idealized influence), memberikan motivasi dan antusiasme dalam program sekolah (inspirational motivation), mendorong inovasi dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran (intellectual stimulation), serta memberikan perhatian khusus pada kebutuhan bawahan melalui forum komunikasi terbuka (individualized consideration). Simpulan penelitian ini adalah implementasi kepemimpinan transformasional oleh kepala sekolah berhasil menciptakan budaya sekolah yang kolaboratif, inovatif, dan berprestasi, sehingga meningkatkan semangat kerja warga sekolah dan berdampak pada peningkatan prestasi peserta didik.
Copyrights © 2025