Muaddib : Studi Kependidikan dan Keislaman
Vol 14 No 2 (2024)

Implementasi Pelatihan Public Speaking dalam Kegiatan Muhadharah untuk Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik

Sukatno (Unknown)
Rido Kurnianto (Unknown)
Nurul Iman (Unknown)
Angel Egaliza (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pelatihan public speaking dalam kegiatan muhadarah guna meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Pelatihan public speaking dianggap sebagai metode efektif untuk mengembangkan kemampuan berbicara di depan umum, yang berdampak positif pada kepercayaan diri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek peserta didik di sebuah sekolah menengah. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan public speaking yang dilakukan dalam kegiatan muhadarah dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik secara signifikan. Kegiatan muhadharah juga menumbuhkan karakter religius dan sosial peserta didik melalui penerapan nilai-nilai keislaman seperti kejujuran, tanggung jawab, dan sopan santun dalam berbicara. Kesimpulannya, pelatihan ini dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan rasa percaya diri peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

muaddib

Publisher

Subject

Education

Description

MUADDIB: Studi Kependidikan dan Keislaman, with a registered number p-ISSN: 2088-3390, e-ISSN: 2540-8348 is a multidisciplinary scientific journal published by the Faculty of Islamic Studies, University of Muhammadiyah Ponorogo. It is at the national level that includes a lot of common issues or ...