Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pelatihan public speaking dalam kegiatan muhadarah guna meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Pelatihan public speaking dianggap sebagai metode efektif untuk mengembangkan kemampuan berbicara di depan umum, yang berdampak positif pada kepercayaan diri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek peserta didik di sebuah sekolah menengah. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan public speaking yang dilakukan dalam kegiatan muhadarah dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik secara signifikan. Kegiatan muhadharah juga menumbuhkan karakter religius dan sosial peserta didik melalui penerapan nilai-nilai keislaman seperti kejujuran, tanggung jawab, dan sopan santun dalam berbicara. Kesimpulannya, pelatihan ini dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan rasa percaya diri peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024