Nunchi : Islamic Parenting Journal
Vol 2, No 2 (2024): Nunchi: Islamic Parenting Journal

PERSEPSI GURU TERHADAP PENGGUNAAN INSTRUMEN PENILAIAN PADA KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA DI TK BUNGONG SEULEUPOEK BANDA ACEH

Septia, Dara (Unknown)
Nurita, Dian (Unknown)
Sapitri, Eliza (Unknown)
Zahwa Nasiva, Raudhatul (Unknown)
Adelya, Rizka (Unknown)
Amelia, Lina (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Instrumen penilaian merupakan suatu alat yang dipergunakan untuk melakukan proses evaluasi atau proses penilaian, baik berupa tes ataupun non-tes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru terhadap penggunaan instrumen penilaian pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di TK Bungong Seulepoek. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan persepsi guru terhadap penggunaan instrumen penilaian pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Dimana alasan perbedaan persepsi ini dikarenakan kurangnya pemahaman guru terhadap penggunaan instrumen penilaian Kurikulum Merdeka, dikarenakan pengaplikasian Kurikulum Merdeka di TK Bungong Seuleupoek masih dalam jangka waktu yang singkat. Berbeda dengan pengaplikasian Kurikulum 2013 di TK Bungong Seuleupok yang sudah berlangsung dalam jangka waktu yang lama .

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Nunchi

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Physics Social Sciences

Description

Nunchi : Islamic Parenting Journal adalah jurnal peer review yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. Semua artikel akan dikirim langsung oleh penulis melalui OJS, kemudian artikel akan direview dan diseleksi untuk diterbitkan. ...