Jurnal Cahaya Edukasi
Vol 2 No 4 (2025): Jurnal Cahaya Edukasi: Oktober

Analisis Kemampuan Bercerita Peserta Didik Melalui Media Gambar Berseri pada Materi keluargaku unik kelas II

Nursiva Savitri (Unknown)
Fatonah, Nurul (Unknown)
Muhamad, Nurdin (Unknown)
nursiva (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan bercerita peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya penerapan media pembelajaran yang menarik, sehingga berdampak pada kurangnya kepercayaan diri dan keterampilan peserta didik dalam menyampaikan cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan bercerita peserta didik melalui penggunaan media gambar berseri pada materi "Keluargaku Unik" di kelas II SDN 1 Garumukti. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tes lisan, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berseri meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik, terutama dalam aspek ketepatan vokal, intonasi, kelancaran, pemilihan kosakata, serta ekspresi verbal dan nonverbal. Media ini juga meningkatkan partisipasi aktif dan minat belajar peserta didik. Temuan ini menunjukkan bahwa media gambar berseri efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mengembangkan keterampilan bercerita siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jce

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on publishing research and community service results in the field of education. It aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to share innovative ideas, scientific findings, and best practices that contribute to the development of education at all ...