Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan bercerita peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya penerapan media pembelajaran yang menarik, sehingga berdampak pada kurangnya kepercayaan diri dan keterampilan peserta didik dalam menyampaikan cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan bercerita peserta didik melalui penggunaan media gambar berseri pada materi "Keluargaku Unik" di kelas II SDN 1 Garumukti. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tes lisan, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar berseri meningkatkan kemampuan bercerita peserta didik, terutama dalam aspek ketepatan vokal, intonasi, kelancaran, pemilihan kosakata, serta ekspresi verbal dan nonverbal. Media ini juga meningkatkan partisipasi aktif dan minat belajar peserta didik. Temuan ini menunjukkan bahwa media gambar berseri efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mengembangkan keterampilan bercerita siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025