Jurnal Cahaya Edukasi
Vol 2 No 4 (2025): Jurnal Cahaya Edukasi: Oktober

PENERAPAN MODEL THE POWER OF TWO BERBANTUAN MEDIA SURPRISE BOX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Fitrianti (Unknown)
Kartini (Unknown)
Nilam Permatasari Munir (Unknown)
fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 45 Padang Alipan Kota Palopo pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui penerapan model pembelajaran The Power of Two berbantuan media Surprise Box. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 31 peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas peserta didik dari siklus I (60%) menjadi 81,67% pada siklus II. Hasil belajar juga meningkat dari rata-rata nilai 72 dengan ketuntasan 74,19% menjadi 76 dengan ketuntasan 84%. Penelitian ini membuktikan bahwa kombinasi model The Power of Two dengan media Surprise Box efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi shalat Jumat, Dhuha, dan Tahajud.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jce

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on publishing research and community service results in the field of education. It aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to share innovative ideas, scientific findings, and best practices that contribute to the development of education at all ...