Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 6 No. 1S (2025): DIKODA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (Special Edition)

Hubungan antara Kemampuan Mendengarkan Irama dan Peningkatan Keterampilan Bernyanyi pada Siswa Sekolah Dasar

Maulida, Laely Rizki (Unknown)
Hartono, Hartono (Unknown)
Fathur Rokhman (Unknown)
Wagiran, Wagiran (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Kemampuan mendengarkan irama memiliki peran penting dalam pengembangan keterampilan bernyanyi pada anak usia sekolah dasar. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan menyesuaikan ketepatan nada dan tempo karena keterbatasan kemampuan mendengar irama secara konsisten. Penelitian ini bertujuan menelaah hubungan antara kemampuan mendengarkan irama dengan peningkatan keterampilan bernyanyi. Metode yang digunakan adalah literature review dari berbagai jurnal terbitan 2016–2025 yang relevan dengan topik musik dan pendidikan dasar. Hasil kajian menunjukkan bahwa latihan mendengarkan irama secara terarah dapat meningkatkan kontrol vokal, kepekaan musikal, serta kualitas ekspresi bernyanyi siswa. Dengan demikian, keterampilan mendengarkan irama terbukti menjadi fondasi penting dalam proses pembelajaran musik di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPGSD

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar published by the Universitas Pelita Bangsa. This journal publishes scientific papers that discuss the results of research studies and literature reviews as well as the latest issues and trends that occur in elementary school science studies. This journal is published ...