Tujuan penelitian ini tentang pembelajaran ilmu shorof dengan perspektif kognitif di STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya sebagai berikut; Pertama untuk mengetahui proses pembelajaran ilmu shorof dengan perspektif teori kognitif. Kedua untuk menjelaskan metode-metode yang digunakan dalam pembelajaran ilmu shorof dengan perspektif kognitif. Penelitian ini menggunakan tipe kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah dosen pengampu ilmu shorof dan Kaprodi PBA di STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan pada penelitian, peneliti menggunakan teknik observasi dan wawancara. Peneliti melakukan teknik observasi terhadap mahasiswa semeter 2 di STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya serta menggunakan teknik wawancara dengan Kaprodi PBA dan pengampu mata kuliah ilmu sharaf di kelas tersebut. Bentuk analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis data interaktif Milles dan Huberman. Adapun teknik analisis diawali dengan mengumpulkan data, disajikan, direduksi dan disimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukan dua temuan, pertama bahwa proses pembelajaran ilmu shorof dengan perspektif kognitif meliputi langkah-langkah sebagai berikut; perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Selanjutnya metode-metode pembelajaran ilmu shorof dengan perspektif kognitif yang digunakan di STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya adalah sebagai berikut; pertama metode deduktif, kedua metode ceramah, ketiga metode tanya jawab, dan keempat metode hafalan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025