Innovation and Applied Education Journal
Volume 1, Issue 1, Februari 2024

Analisis Perkembangan yang Mempengaruhi Penerimaan Blended Learning di Kalangan Mahasiswa PTN Makassar

Munir Tubagus (Unknown)
Andro Ruben Runtu (Unknown)
Ainung, Nur (Unknown)
Putri, Zalzabila (Unknown)
Raihan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Dalam era revolusi Industri 4.0, perkembangan teknologi memainkan peran krusial dalam transformasi pendidikan tinggi. Artikel ini membahas implementasi dan penerimaan Blended Learning di kalangan mahasiswa PTN Makassar sebagai solusi efektif dalam memanfaatkan teknologi pendidikan. Model pembelajaran ini mengintegrasikan pembelajaran tatap muka dengan e-learning, memberikan daya tarik pada interaksi dan komunikasi antara dosen dan mahasiswa. Meskipun penelitian sebelumnya menyoroti pentingnya berfokus pada pembelajaran, ada ketidakpastian mengenai faktor-faktor yang signifikan dalam memengaruhi sikap dan penerimaan mahasiswa terhadap Blended Learning. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional, melibatkan 65 responden dari mahasiswa Universitas Negeri di Makassar. Metode penelitian menggunakan kuesioner dengan pertanyaan terstruktur yang menggambarkan aspek harapan kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, sikap, dan kecemasan terkait pembelajaran blended. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mahasiswa memiliki harapan positif terhadap efektivitas Blended Learning, namun masih terdapat ketidakpastian terkait beberapa aspek. Kesimpulan penelitian ini mencerminkan perlunya pemahaman lebih lanjut tentang faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan mahasiswa terhadap Blended Learning. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi pada pengembangan strategi pendidikan yang lebih efektif dalam mengimplementasikan Blended Learning, meningkatkan kualitas pendidikan, dan menciptakan dasar kebijakan pendidikan yang lebih baik dalam menghadapi tantangan era teknologi yang terus berkembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IAEJ

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering Social Sciences

Description

This journal publishes research articles on various innovations in education and technology that are interesting and have an impact on the development of education and technology. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to technology development ...