INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika
Vol 4, No 2 (2025): Oktober 2025

Pemanfaatan Canva dalam Desain Pembelajaran Informatika Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMPN 10 Wera

Mahdin, Imam (Unknown)
Suharti, Suharti (Unknown)
Faidin, Faidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pemanfaatan Canva sebagai media kreatif dalam mendukung pendekatan Project-Based Learning (PBL) pada pembelajaran Informatika di SMPN?10 Wera. Fokus utama adalah meningkatkan kreativitas siswa dalam merancang produk digital sebagai hasil proyek. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus intervensi. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan analisis hasil karya digital siswa. Hasil menunjukkan peningkatan substansial dalam kreativitas, kolaborasi, dan keterlibatan siswa, terlihat dari kualitas produk digital dan peningkatan persentase ketercapaian kreativitas. Temuan ini sesuai dengan penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa Canva dalam PBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kesimpulannya, integrasi Canva dalam desain pembelajaran Informatika berbasis PBL terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa SMPN?10 Wera.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Info

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

INFONTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan April dan Oktober (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian ...