Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pemanfaatan Canva sebagai media kreatif dalam mendukung pendekatan Project-Based Learning (PBL) pada pembelajaran Informatika di SMPN?10 Wera. Fokus utama adalah meningkatkan kreativitas siswa dalam merancang produk digital sebagai hasil proyek. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus intervensi. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan analisis hasil karya digital siswa. Hasil menunjukkan peningkatan substansial dalam kreativitas, kolaborasi, dan keterlibatan siswa, terlihat dari kualitas produk digital dan peningkatan persentase ketercapaian kreativitas. Temuan ini sesuai dengan penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa Canva dalam PBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kesimpulannya, integrasi Canva dalam desain pembelajaran Informatika berbasis PBL terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa SMPN?10 Wera.
Copyrights © 2025