Elementary of Teacher Education Journal
Vol 1 No 2 (2025): June 2025

Application of Problem Based Learning Model in Improving the Learning Outcomes of Mathematics Subjects for Grade IV Students at SDN 161 Pakkodi, Maiwa District, Enrekang Regency: Kelas IV di SDN 161 Pakkodi Kecamatan Maiwa, Enrekang

Sida, Aksa (Unknown)
Putri Atjo, Syamsuryani Eka (Unknown)
Raihan, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 161 Pakkodi. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model PBL dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 161 Pakkodi, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam kualitas pengajaran guru dan aktivitas belajar siswa. Kinerja guru pada siklus I dikategorikan cukup dan meningkat menjadi baik pada siklus II. Aktivitas belajar siswa juga meningkat dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Hasil belajar matematika siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan: pada siklus I hanya 5 siswa yang tuntas dan 7 siswa belum tuntas, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 12 siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 161 Pakkodi, Desa Bangkala, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

etedu

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

ETEDU: Elementary of Teacher Education Journal is an academic journal focusing on research, development, and innovation in the field of elementary teacher education. The journal aims to be a platform for publishing high-quality articles that examine various aspects related to elementary education, ...