Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi
Vol. 9 No. 1 (2024): BIOMA: JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI

Pembelajaran Biologi di Luar Ruangan Berbasis Kearifan Lokal Momorong untuk Memberdayakan Collaborative Work Skills

Husen, Ica (Unknown)
Nasir Tamalene, M (Unknown)
Haerullah, Ade (Unknown)
Bahtiar, Bahtiar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melatih keterampilan kerja kolaboratif siswa melalui proses pembelajaran biologi dengan model kearifan lokal momorong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei, dan data respon dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Selain itu, keterampilan diukur menggunakan instrumen International Reading Association dan National Council of Teachers & English, hal ini diperkuat dengan kearifan lokal momorong yang dibuktikan dengan budaya belajar siswa di luar kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek bekerja dengan orang lain (95,45%), kontribusi (93,18%), pemecahan masalah (81,82%), manajemen waktu dan teknik penelitian (77,27%), serta sintesis (70,45%).P  Model Momorong sangat menyenangkan, melatih siswa untuk merencanakan proyek secara kolaboratif, melatih  siswa belajar berkelompok dan saling membantu, mempermudah siswa dalam problem solving.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BIOMA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Related scientific articles in Biology : Botany, Zoology, Microbiology, Ecology, Genetics, Bioteknologi, Molecular Biology, Bioconservation. Scope article Biology Education (Research on Learning Biology/Science, Biology learning materials at all education levels) : Pure Research of Biology developed ...