Usaha Mikro,Kecil, dan Menengah (UMKM) Kelontong Ibu Wati merupakan salah satu usaha kecil menengah yang bergerak di bidang penjualan produk kebutuhan sehari-hari. Namun, dalam pengembangannya, UMKM ini menghadapi beberapa tantangan, seperti keterbatasan sumber daya dan kurangnya kemampuan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produknya. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan marketing berbasis website yang dapat membantu UMKM Kelontong Ibu Wati dalam memasarkan produknya secara online. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini berupa pendampingan dengan memaparkan materi menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan langsung praktik dalam penggunaan web. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan monitoring/evaluasi. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 12 April 2025, yang juga melibatkan peran dosen, mahasiswa STKOM Tunas Bangsa yang berjumlah 8 orang yaitu 4 dosen dan 4 mahasiswa, serta UMKM Toko Klontong Ibu Wati. Hasil dari pengabdian ini adalah sebuah sistem e-marketing berbasis website yang dapat meningkatkan kemampuan UMKM Kelontong Ibu Wati dalam memasarkan produknya secara online. Dengan adanya sistem ini, UMKM Kelontong Ibu Wati dapat meningkatkan penjualan dan meningkatkan daya saingnya di pasar.
Copyrights © 2025