JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA
Vol. 10 No. 2 (2024): Edisi Bulan Desember

Implementasi dan Pengembangan Strategi Pemasaran Digital pada Usaha Mikro-Kecil

Lady (Unknown)
Putri, Inda Meyllya (Unknown)
Shevia (Unknown)
Eviyani, Estin Rose (Unknown)
Putra, Edy Yulianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Seiring berkembangnya media sosial di era digital, banyak UMK yang mulai peduli untuk mengembangkan bisnis melalui media sosial. Digital marketing dapat menjangkau seluruh masyarakat di manapun tanpa ada batasan geografis ataupun waktu. Platform yang sering digunakan dalam digital marketing adalah media sosial, e-mail dan platform e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness serta menarik pelanggan baru pada mitra UMK dengan cara mempromosikan produk melalui pemasaran digital. Penerapan strategi pemasaran digital mencakup pembuatan dan pengelolaan akun Instagram, Facebook, WhatsApp Business, website, Linktree, dan email bisnis. Sasaran pertama dalam kegiatan ini adalah mengedukasi mitra akan pentingnya penggunaan media sosial dalam mempromosikan produk. Metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan menggunakan data primer. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara terhadap pemilik dan pelanggan serta observasi. Secara keseluruhan, implementasi digital marketing telah berdampak positif pada operasional dan pemasaran Brother Seafood. Strategi yang digunakan memungkinkan UMK ini menjadi lebih kompetitif di pasar yang semakin digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMBI

Publisher

Subject

Humanities

Description

JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA adalah publikasi yang dikelola akademisi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember, Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia menerbitkan artikel secara berkala pada bulan Juni dan Desember secara cetak (print) dan ...