JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA
Vol. 11 No. 1 (2025): Edisi Bulan Juni 2025

Pengaruh Brand Experience Dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty Yang Dimediasi Brand Awareness Bawang Merah Sumenep

Sugiarti, Sugiarti (Unknown)
Hidayat, Rachmad (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)
Fitrianty, Rifda (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Dalam era persaingan pasar yang semakin kompetitif, penguatan loyalitas merek menjadi kunci dalam mempertahankan konsumen, termasuk pada komoditas lokal seperti bawang merah Sumenep. Brand experience dan brand image berperan penting dalam membentuk persepsi konsumen, sementara brand awareness menjadi jembatan yang dapat memperkuat hubungan keduanya terhadap brand loyalty. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand experience dan brand image terhadap brand loyalty, dengan brand awareness sebagai variabel mediasi pada produk bawang merah Sumenep. Persaingan dalam dunia agribisnis semakin ketat, sehingga upaya penguatan merek menjadi penting untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis Structuran Equation Model. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pelanggan bawang merah Sumenep yang jumlahnya tidak diketahui, sampel dihitung menggunakan rumus Cochran dan mendapatkan hasil 97 responden konsumen bawang merah Sumenep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand experience berpengaruh positif terhadap brand awareness dan brand loyalty. Brand image juga berpengaruh positif terhadap brand awareness dan brand loyalty. Selain itu, brand awareness terbukti mampu memediasi pengaruh brand experience dan brand image terhadap brand loyalty. Temuan ini menegaskan pentingnya membangun pengalaman merek dan citra merek yang kuat untuk meningkatkan kesadaran dan loyalitas konsumen terhadap produk lokal seperti bawang merah Sumenep.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMBI

Publisher

Subject

Humanities

Description

JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA adalah publikasi yang dikelola akademisi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jember, Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia menerbitkan artikel secara berkala pada bulan Juni dan Desember secara cetak (print) dan ...