E-JUPEKhu
Vol 13, No 2 (2025)

Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Teknik Graphomotor pada Anak Tunadaksa

Nasution, Mutiara Sani (Unknown)
Ardisal, Ardisal (Unknown)
Budi, Setia (Unknown)
Zulpiani, Mardhatillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2025

Abstract

Kesulitan menulis permulaan sering dialami oleh anak tunadaksa akibat hambatan pada keterampilan motorik halus, sehingga mereka membutuhkan strategi pembelajaran khusus untuk mendukung perkembangan kemampuan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui penerapan teknik latihan graphomotor pada siswa tunadaksa kelas II di SLB Negeri Mandailing Natal. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari beberapa pertemuan, dengan subjek dua orang siswa tunadaksa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan wawancara, kemudian dianalisis secara kualitatif dengan dukungan data kuantitatif berupa skor dan persentase hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan menulis permulaan setelah penerapan teknik graphomotor. Pada siklus I, kemampuan siswa meningkat dari kategori rendah (30%) menjadi 70–80%, dan pada siklus II meningkat lebih lanjut hingga 80–90%, sehingga kedua siswa berada pada kategori “Baik” hingga “Sangat Baik”. Temuan ini mengindikasikan bahwa latihan graphomotor efektif dalam mengurangi kekakuan tangan, meningkatkan koordinasi motorik halus, serta menumbuhkan motivasi belajar. Dengan demikian, teknik graphomotor dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran menulis bagi guru sekaligus berkontribusi pada pengembangan layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...