Refleksi : Jurnal Penelitian Tindakan
Vol. 2 No. 3 (2025)

Peningkatan Daya Ingat dan Kreativitas melalui Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Berbasis Menggambar

Munawwaroh, Izzatul (Unknown)
Hina, Shahzadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2025

Abstract

Pembelajaran kosakata Bahasa Inggris di tingkat Madrasah Ibtidaiyah sering kali belum mampu menarik perhatian siswa dan kurang menumbuhkan daya ingat jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan menguji dampak kegiatan menggambar terhadap peningkatan daya ingat serta kreativitas siswa dalam pembelajaran kosakata Bahasa Inggris. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan melibatkan 26 siswa kelas II MI Bahrul Ulum, terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian hasil karya, dan wawancara reflektif, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk menilai perubahan kemampuan dan keterlibatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menggambar secara signifikan meningkatkan penguasaan kosakata, daya ingat jangka panjang, serta kreativitas siswa. Pendekatan ini efektif menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan bermakna di lingkungan madrasah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Refleksi : Jurnal Penelitian Tindakan ISSN : 3025-6461 (media online) mempublikasikaan artikel ilmiah dari hasil penelitian dengan metode Penelitian Tindakan Kelas pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah ...