Literasi yaitu kecakapan seseorang dalam berbicara, menghitung, membaca, menulis, dan memecahkan masalah sehari-hari. Secara umum, kemampuan menerima, mengolah, dan mengomunikasikan informasi juga termasuk dalam pengertian literasi. Kegiatan literasi perlu dicanangkan sekolah kepada peserta didik. Literasi tidak hanya mencakup kemampuan membaca, tetapi juga kemampuan menganalisis teks dan memahami ide-idenya. Kemampuan menganalisis dengan angka disebut sebagai kompetensi numerik. Kemampuan seorang anak untuk membaca dan menulis adalah keterampilan dasar yang penting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak dan pengaruh penggunaan kiterasi visual dalam pengenalan poster di SD Negeri 008 Panyabungan. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pemahaman, kognitif dan persepsi peserta didik terkait dengan literasi visual di SD Negeri 088 Panyabungan. Hasil dari penelitian Penggunaan literasi visual ini memiliki dampak yang signifikan dalam pembelajaran menulis poster karena siswa mampu mengembangkan gagasan yang ia miliki ke dalam bentuk visual kembali. Literasi visual ini mengajarkan siswa agar mampu menangkap informasi yang disampaikan dalam bentuk gambar. Literasi visual ini membuat siswa mampu mengingat apa yang disampaikan karena gambar-gambar atau tayangan yang disampaikan mampu membuat siswa lebih mengingat apa yang disampaikan daripada apa yang siswa dengarkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024