Bedasarkan latar belakang masalah serta fokus penelitian yang telah diuraikan, maka peneliti menetapkan masalah yang diteliti yaitu kinerja guru Pendidikan Agama Islam ditinjau dari kompetensi pedagogik dan profesional, kendala kinerja guru Pendidikan Agama Islam ditinjau dari kompetensi pedagogik dan profesional, dan usaha meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam ditinjau dari kompetensi pedagogik dan profesional di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Kabupaten Tebo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja, kendala, serta untuk mengetahui usaha meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam ditinjau dari kompetensi pedagogik dan profesional di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Kabupaten Tebo. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian lapangan (field research). Berdasarkan analisis data penulis menemukan bahwa kinerja guru Pendidikan Agama Islam sudah cukup bagus, mampu menguasai materi pembelajaran dan memahami karakter siswa-siswinya, guru juga membuat perangkat pembelajaran dan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan, walaupun masih ada kendala dalam pembelajaran yaitu masih ada siswa yang ribut tetapi itu bisa cepat diatasi oleh guru. Sekolah juga sudah membuat program seperti sholat berjama’ah, kuliah tujuh menit (kultum), mengikuti seminar, dan bertukar fikiran atau musyawarah guru mata pelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023