Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang melibatkan permasalahan di kehidupan nyata, dimana dalam model ini siswa dapat melatih dan meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah, menggunakan Media Misteri Box merupakan suatu alat permainan edukatif yang dikembangkan dengan tujuan untuk memudahkan siswa dalam menyelesaikan kegiatan pembelajaran serta membangkitkan minat siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem based learning berbantuan mistery boxbepengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMAN 1 Kluet Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment (Eksperimen Semu) dengan design nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kluet Timur yang berjumlah 40 siswa dengan pengambilan sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X IPS sebagai kelas eksperimen dan X IPA sebagai kelas kontrol. Sebelum pembelajaran, kedua kelas diberi pre test untuk mengukur hasil belajar siswa. Setelah proses pembelajaran, diberikan post test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Kemudian Analisis menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen mencapai 61, sedangkan kelas kontrol 50,4 dapat di kemukakan bahwa hasil uji hipotesis diperoleh nilai t- hitung = 3,28 lebih besar dari pada t-tabel = 1,68 yang berati Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model Problem based learningberbantuan media Mistery box lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa tanpamenggunakan model Problem based learning berbantuan media Mistery box pada mata
Copyrights © 2025