Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi
Vol 9, No 3 (2024): AGUSTUS 2024

HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP USK ANGKATAN 2016-2017

Putri, Nazariah Permata (Unknown)
Abdi, Abdul Wahab (Unknown)
Furqan, Muhammad Hafizul (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Prestasi belajar adalah kemampuan yang dimiliki mahasiswa setelah menerima pengalaman belajar. Lingkungan belajar dan minat belajar adalah faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Masalah penelitian ialah apakah terdapat hubungan antaran lingkungan belajar dan minat belajar dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa Jurusan Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK angkatan 2016-2017. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dan minat belajar dengan indeks prestasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK angkatan 2016-2017. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016 dan 2017 Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK yang berjumlah 113 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Randam Sampling, dengan jumlah sampel 91 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup berbantuan media whatsapp dan google form. Analisis data dilakukan dengan penghitungan korelasi spearman rank dan uji signifikansi. Hasil penghitungan korelasi lingkungan belajar dengan indeks prestasi kumulatif sebesar 0,67, korelasi minat belajar dengan indeks prestasi kumulatif sebesar 0,66. Nilai penghitungan signifikansi lingkungan belajar dengan indeks prestasi kumulatif diperoleh sebesar 6,36 dan nilai signifikansi minat belajar dengan indeks prestasi kumulatif diperoleh sebesar 6,25 dengan Ftabel = 1,96 dengan kriteria Fhitung Ftabel sehinga Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dan minat belajar dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP USK Angkatan 2016-2017.Kata Kunci:Hubungan, Lingkungan Belajar, Minat Belajar, Indeks Prestasi Kumulatif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

geografi

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Other

Description

urnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi (JIMPGEO) is a scientific journal which is a place for publication of the results of research on the final project of undergraduate (S1) students in the Department of Geography Education. JIMPGEO publishes one volume and four numbers in a year, namely in ...