ABSTRAK Team Games Turnamen (TGT) adalah pembelajaran kooperatif yang menciptakan suasana aktif yang melibatkan kelompok, terdapat diskusi kelompok dan diakhiri suatu game (turnamen). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS, (2) Aktivitas guru dan siswa,(3) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran (4) Respons siswa terhadap model pembelajaran Team game turnamen. Subjek penelitian siswa kelas VIII SMP IT Dayah Darul Muttaqien Pidie Jaya berjumlah 22 siswa. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, tes dan angket. Pengumpulan data menggunakan lembar pre-test dan post-test berisi 10 soal, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, lembar pengamatan keterampilan guru, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ketuntasan individual siklus I 50, siklus II menjadi 69 pada siklus III menjadi 90. Ketuntasan klasikal pada siklus I 30 pada siklus II 50 dan pada siklus III sebanyak 95 (2) Aktivitas guru dan siswa pada siklus I 6 aktivitas tidak tuntas pada siklus II turun menjadi 3 aktivitas tidak tuntas pada siklus III semua aktivitas tuntas. (3) keterampilan guru meningkat dari siklus I 2,43 kategori sedang pada siklus II meningkat menjadi 3,23 kategori baik dan pada siklus III meningkat menjadi 3,7 kategori sangat baik. (4) Respons yang diberikan siswa untuk model pembelajaran Team game turnamen dengan bantuan kotak kartu misteri adalah 93,6 siswa menyatakan sangat menarik dan membantu siswa dalam memahami materi disampaikan. Dapat disimpulkan, penerapan model pembelajaran Team game turnamen berbatuan media kotak kartu misteri dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS terpadu SMP IT Dayah Darul Muttaqien Pidie Jaya menjadi lebih baik.Kata kunci: Penerapan, Model Pembelajaran, Team Game Turnamen, Pemahaman Belajar
Copyrights © 2024